Tempat Wisata Kalimantan Utara

Sabtu, 28 Mei 2016

 Taman Wisata Kalimantan Utara

Kalimantan Utara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu Negara Bagian Sabah dan Serawak.

Kalimantan Utara memang hanya salah satu provinsi dengan tempat-tempat wisata yang indah dan terkenal di pulau Kalimantan. Namun Anda juga tak boleh melewatkan kesempatan untuk datang kesana jika ada waktu. Nah, ini dia beberapa pilihan tempat wisata di Kalimantan Utara jika Anda menginjakkan kaki di provinsi ini.

1. Pantai Amal

Pantai Amal

Tak jauh berbeda dengan provinsi lain di pulau Kalimantan, provinsi Kalimantan utara juga memiliki pantai yang indah. Namanya adalah Pantai Amal baru dan juga pantai amal lama. Keduanya merupakan anakan dari Pantai amal yang berada di kecamatan Tarakan Timur. Tempat wisata di Kalimantan Utara yang satu ini memiliki keindahan air laut yang biru dengan hamparan pohon kelapa di pantainya. Cukup indah untuk dinikmati di sore hari bersama teman-teman dan keluarga.

2. Rumah Bundar

Rumah Bundar

Tempat wisata dengan nama yang cukup unik ini berada di kota Tarakan. Salah satu kota yang ada di provinsi Kalimantan Utara. Ternyata Rumah Bundar tak lain dan tak bukan merupakan sebuah museum. Disini Anda akan banyak menemukan barang-barang peninggalan dari masa penjajahan Jepang dan Belanda di Kalimantan Utara.
Seperti namanya, Museum Rumah Bundar disebut demikian karena bentuk bangunannya yang memiliki atap bundar atau berbentuk lingkaran. Dengan mengunjungi Rumah Bundar, Anda bisa berlibur sekaligus belajar sejarah pula.

3. Wahana Wisata Persemaian

Wahana Wisata Persemaian

Sesuai dengan namanya, Wahana Wisata Persemaian memiliki wilayah berisi wahana permainan yang bisa Anda nikmati bersama anak-anak dan keluarga. Namun tak hanya itu, disini Anda juga bisa melihat beberapa jenis satwa yang berkeliaran bebas dan beberapa jenis pepohonan serta tumbuh-tumbuhan lainnya. Tempat wisata di Kalimantan Utara yang satu ini bisa direkomendasikan untuk Anda yang berkunjung ke Kalimantan Utara bersama dengan keluarga dan anak-anak.

4. Penangkaran Juwata

Penangkaran Juwata

Salah satu tempat wisata yang ada di Kalimantan Utara yang cukup terkenal dan memiliki pengunjung terbanyak adalah Penangkaran Juwata. Ditempat inilah tiga jenis buaya ditangkarkan. Anda akan menemukan banyak sekali buaya air tawar, buaya muara serta buaya supit disini. Tempat ini berada di kota Takaran Bawat tepatnya di desa Karang Harapan. Dibangun sejak tahun 1991, penangkaran buaya Juwata ini berada diatas tanah seluas 5 hektar.

5. Gunung Putih

Gunung Putih wisata di kalimantan utara

Gunung yang satu ini disebut sebagai gunung putih karena merupakan gunung batuan kapur di Kalimantan Utara. Lokasi wisata yang satu ini memiliki panorama khas pegunungan yang hijau serta udaranya yang sejuk. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan gunung putih yang begitu indah layaknya pahatan-pahatan.

6. Gunung Rian

Gunung Rian

Tempat wisata di Kalimantan Utara yang layak dikunjungi selanjutnya adalah Gunung Rian. Gunung yang satu ini merupakan sebuah tempat wisata yang sudah menjadi sebuah obyek wisata di kecamatan Sesayap tepatnya di desa Safri Riyan. Di obyek wisata yang satu ini Anda juga bisa menikmati keindahan air terjunnya yang juga bernama air terjun Rian.

7. Pantai Tanah Kuning

Tanah Kuning

Meskipun bernama tanah kuning, tempat wisata yang satu ini ternyata memiliki daya tarik pasir putih di pantainya. Tanah kuning adalah nama sebuah pantai yang ada di Pulau Derawan. Memiliki air yang jernih berwarna biru, keadaan pantai ini terbilang masih asri dan terjaga keindahannya.