Tempat Wisata Sulawesi Barat

Senin, 30 Mei 2016

Tempat Wisata Sulawesi Barat

Sulawesi Barat adalah pemekaran dari Sulawesi Selatan. Provinsi ini dibentuk pada 5 Oktober 2004 dengan ibukotanya Mamuju. Di Sulawesi Barat sendiri mempunyai banyak objek wisata yang tersembunyi dan bisa dikembangkan. Dengan posisi yang mendekati laut, Sulawesi Barat mempunyai banyak pantai dengan pasir putihnya yang sangat eksotis. Beberapa diantaranya menjadi sangat populer karena kecantikan lingkungannya. Jika anda mempunyai waktu liburan silahkan mengunjungi daerah Sulawesi Barat dan jika anda tidak tahu mana saja objek wisata yang populer, mari menyimak artikel ini.

Beberapa tempat wisata Sulawesi Barat yang sangat populer :

1. Pantai Manakarra

pantai_manakarra

Pantai Manakarra merupakan pantai yang terletak tidak jauh dari pelabuhan Batu, dan masih menjadi bagian dari Teluk Mamuju. Teluk ini memang terkenal sebagai pusat destinasi wisata di wilayah Sulawesi Barat, sekaligus memiliki pelabuhan yang difungsikan sebagai sentra perhubungan laut. Pantai ini termasuk obyek wisata yang paling ramai di Sulawesi Barat, mulai dari anak muda, anak-anak, sampai orang dewasa banyak berkumpul untuk melepaskan penat jauh ke ujung horizon di laut Manakarra. Pantai Makara memiliki keindahan yang terbentang di areal seluas 12 meter, Anda bisa bercengkerama santai juga bercanda-canda di kaki pantai Manakarra yang berpasir putih.

2. Pantai Palippis

Pantai Palippis

Satu lagi pantai yang tidak kalah eksotis, yakni pantai Palipis. Pantai Palipis menjadi destinasi tempat wisata di Sulawesi Barat yang sangat populer karena memiliki tebing karang yang sangat indah. Untuk bisa sampai di pantai Palipis, Anda harus menyusuri jalan Poros dan desa Bala, Kecamatan Balanipa. Aksesnya tidak sulit, hanya berjarak sekitar 20 km dari Polewali Mandar. Berbeda dengan pantai Makarra, pantai Palippis masih sangat original dan memberikan nuansa pantai indah yang belum terjamah banyak orang.

3. Pantai Dato

Pantai Dato

Pantai Dato, atau yang juga dikenal dengan pantai Dato Majene ini merupakan pantai alami nan eksotis lain yang tersimpan di sudut tanah Sulawesi Barat. Seperti julukannya, pantai ini memang terletak di kota Majene. Panorama keindahan pantai Dato tidak hanya berasal dari putihnya pasir dan tenang debur ombak, namun pula terdapat satu titik pantai yang penuh dengan taburan batu karang berbagai ukuran. Disini, suasana alami masih sangat kental, bahkan Anda bisa bermain-main dengan keong laut yang masih banyak berkeliaran.

4. Pesta Pattudu

Pesta Pattudu

Penduduk Sulawesi Barat sendiri menyebut ritual pesta Pattudu dengan Sayyang Pattuddu’ (kuda menari). Sayyang Patuddu’ dirayakan untuk memperingati keberhasilan anak muda suku Mandar yang sudah menghafalkan al-Qur’an. Jika Anda beruntung berada di Sulawesi Barat pada bulan Maulid, maka Anda akan bersitatap dengan hingar-bingarnya pesta Pattudu yang diadakan oleh tiap desa di Mandar.

5. Loka Anjoroi

Loka Anjoroi

Karena sudah sampai di Sulawesi Barat, maka jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas disana. Loka Anjoroi adalah hidangan khas Mandar yang terbuat dari bahan dasar pisang. Di pagi ini, Loka Anjoroi merupakan makanan yang hampir wajib dihidangkan sebagai pengganjal perut. Jika Anda mendapatkan suguhan Loka Anjoroi, jangan segan untuk menyantapnya karena makanan ini juga adalah bentuk penyambutan kepada tamu yang dihormati.
Nah, itu tadi beberapa destinasi wisata menarik yang bisa Anda dapatkan kala berkunjung ke Sulawesi Barat. Keindahan pantai dan kelezatan kudapan khas tempat wisata di Sulawesi Barat akan membuat Anda betah berlama-lama berada di tempat ini.